Koq Bisa Harga Sapi Qurban Selalu Naik

Posted on Updated on

Harga-Sapi-Qurban-Selalu-Naik-Setiap-TahunAda beberapa penyebab naiknya harga sapi qurban dari tahun ketahun, antara lain:

1. Naiknya kemampuan daya beli, sehingga permintaan sapi qurban oleh masyarakat muslim selalu meningkat.

2. Meningkatnya kesadaran para masyarakat muslim, para jamaah majelis ta’lim untuk melakukan penyembelian qurban. Di beberapa jamaah masjid dan mushola mengumpulkan uang qurban tiap bulan dengan harapan saat idul qurban bisa membeli sapi qurban.

3. Lambatnya perkembangan populasi sapi lokal, karena untuk menghasilkan sapi qurban yang sudah cukup umur, diperlukan waktu minimal 2.9 tahun (9 bulan bunting ditambah 2 tahun perawatan). Sedang sapi impor belum bisa memenuhi permintaan qurban,  karena ada beberapa kendala tehnis terjadi di lapangan.

4. Sebagian masyarakat muslim, jamaah majelis ta’lim mengalihkan pembelian kambing qurban ke sapi qurban, selain pertimbangan harga kambing selalu naik juga hasil jumlah daging sapi lebih banyak jika dibandingkan dengan kambing. Bila harga satu ekor kambing dengan dua juta rupiah dan dikalikan tujuh, maka nilainya setara dengan satu ekor sapi seharga empat belas juta rupiah dengan nenghasilkan banyak daging sapi.

5. Harga daging sapi dari tahun ketahun mengalami kenaikan berkisar 10%-20% tiap tahunnya.

Dapat disimpulkan bahwa harga sapi qurban akan selalu naik dari tahun ketahun, penyebab utama adalah permintaan sapi qurban jauh lebih banyak dari pada pasokannya. Berdasarkan pengalaman kenaikan rata-rata berkisar 20% – 30%

Tinggalkan komentar